Skip to main content

Permintaan untuk pengembangan bangunan dan kota menjadi lebih layak huni untuk hidup berkelanjutan menjadi satu gerakan global dikarenakan pertumbuhan populasi dan urbanisasi,dan diperkirakan bahwa pasar kota pintar global akan bernilai $3,6 triliun pada tahun 2025.

 

 

Berbagai kota di seluruh dunia dari Singapura hingga Helsinki dan Zurich, mengembangkan inisiatif kota pintar yang ambisius untuk mencapai target mereka sendiri, sebagaimana yang tercantum Perjanjian Paris untuk mengembangkan kota yang ramah lingkungan. Beberapa zona kota yang disebut sebagai Smart Quarters sedang dikembangkan dengan sangat agresif, dengan bangunan cerdas, transportasi yang lebih bersih, dan infrastruktur yang memberikan pelayanan penting bagi warga seperti keamanan, kenyamanan, dan konektivitas.

Evolusi pesat teknologi generasi mendatang seperti kecerdasan buatan (AI), perawatan kesehatan yang dipersonalisasi, dan pembangkit energi berkelanjutan juga merupakan pendorong utama masa depan kota pintar. Selain itu, dengan kota dan bangunannya saat ini menyumbang 65% dari permintaan energi global, terbukti bahwa bangunan yang dibangun saat ini sangat penting untuk evolusi kota pintar

Mendukung bangunan masa depan

Bangunan cerdas adalah elemen penting untuk masa depan di mana kota menjadi aman, cerdas dan berkelanjutan dan pemilik bangunan dapat memanfaatkan dan mengontrol penggunaan energi mereka sendiri.

Teknologi bangunan pintar telah membantu ribuan bangunan dan rumah mengonsumsi energi secara lebih efisien. ABB telah mendukung pembangunan Kantor Pusat New Development Bank (NDB) di Shanghai dengan memasang sistem kontrol bangunan yang cerdas dan terintegrasi, untuk mengelola pencahayaan dalam ruangan, tirai listrik, dan jendela yang melibatkan lebih dari 8.000 sirkuit kontrol. Setelah instalasi, Markas Besar NBD mampu melakukan penghematan energi lebih dari 15% dibandingkan dengan sistem konvensional.

2021 menandai titik balik dalam kemampuan kolektif untuk menurunkan emisi di kota-kota kami, menghemat energi, dan mempercepat transisi ke energi terbarukan dengan bangunan pintar dan jaringan listrik melalui konvergensi AI dan IoT.

Seiring berkembangnya teknologi baru, semakin banyak peluang muncul bagi bangunan untuk memanfaatkan teknologi baru. Konsep penggunaan teknologi untuk meningkatkan kota dan bangunan bukanlah hal baru, tetapi yang berbeda adalah IoT pada saat sekarang ini memungkinkan kita untuk menghubungkan semakin banyak perangkat yang sebelumnya tidak terhubung. Konektivitas benar-benar merupakan kunci untuk melepaskan potensi sebenarnya dari bangunan cerdas, membuka peluang informasi baru dari sumber tak terbatas untuk dianalisis dan digabungkan, menawarkan tingkat kecerdasan baru.

Namun, ini bukan hanya tentang menggunakan teknologi baru; pemikiran cerdas dan optimalisasi bangunan yang ada merupakan faktor kunci dalam mempercepat pembangunan berkelanjutan kota pintar secara global. ABB bekerja sama dengan pemerintah daerah dan berbagai kota untuk mendapatkan efisiensi yang lebih besar dari infrastruktur yang ada dan membangun layanan kota yang terpadu dan menarik sebagai bagian dari langkah menuju kota yang lebih cerdas. Dengan teknologi IoT, bangunan tua dapat memanfaatkan sepenuhnya teknologi untuk meningkatkan kegunaan dan menurunkan pemakaian energi

Salah satu kota yang melakukan hal itu adalah Zaragoza, ibu kota Aragon, Spanyol. Pemerinta setempat berusaha untuk mengurangi konsumsi energi total sebesar 20% dengan fokus pada empat bangunan kota pintar Zaragoza utama: Seminario Zaragoza yang bersejarah, yang menampung kantor Balai Kota, Balai Kota utama, kantor polisi utama, dan Pusat Teknologi & Seni . Pemantauan energi tingkat lanjut disediakan melalui platform manajemen energi berbasis cloud untuk membuat keempat bangunan memenuhi standar ISO 50001. Akibatnya, Zaragoza mampu memenuhi langkah pertama dalam perjalanannya menuju kepatuhan, dan kolaborasi tersebut menghasilkan penghematan hingga 30% dalam biaya operasional.

Contoh hebat lain dari penerapan teknologi kota pintar dapat ditemukan di Hanoi, Vietnam. Sebagai bagian dari proyek, layanan telekomunikasi multinasional Vietnam, Viettel Group, menargetkan untuk mencapai tujuan hijau mereka. Viettel ingin kantor pusat mereka di Hanoi menjadi simbol inovasi dan menetapkan standar untuk sisa bangunan mereka di seluruh dunia. Untuk memenuhi permintaan tinggi akan tempat kerja yang aman, cerdas, dan terhubung, berbagai teknologi bangunan pintar telah disediakan. Kunci proyek ini adalah sistem KNX i-bus, dengan semua perangkat bangunan mulai dari pencahayaan dan kontrol rana hingga pemanas, ventilasi, keamanan, dan manajemen energi yang berkomunikasi satu sama lain melalui antarmuka bus tunggal.

Mengubah infrastruktur yang ada menjadi bangunan pintar untuk kota pintar

So, what are the challenges when it comes to upgrading existing building infrastructure, and how can smart, IoT-based technology overcome them?

  • Financing: Memperbarui bangunan mungkin tampak seperti biaya yang mahal, namun kemajuan dalam IoT berarti hal ini tidak lagi terjadi. Sensor modern dapat dihubungkan secara nirkabel, tanpa memerlukan biaya pemasangan yang mahal. Pengurangan biaya energi dan pemeliharaan memungkinkan pengembalian investasi yang cepat, dengan angka yang menunjukkan bahwa bangunan cerdas menggunakan energi 20-40% lebih sedikit dan menghasilkan biaya pengoperasian 8 – 9% lebih rendah daripada bangunan dengan sistem lama.
  • Maintenance:Sistem pendeteksi pencarian potensi kerusakan dapat menghemat waktu dan tenaga perawatan, serta meminimalkan resiko terhentinya peralatan atau layanan yang mahal potensi kerugiannya. Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa pemeliharaan prediktif yang diaktifkan dengan cerdas tiga hingga sembilan kali lebih murah daripada pendekatan reaktif tradisional. Kepuasan penyewa dan penghuni seringkali juga lebih tinggi karena sistem yang mengalami kegagalan dapat diidentifikasi, diperbaiki, dan di-boot ulang dengan cepat.
  • Design:Bangunan yang lebih tua mungkin tidak dirancang dengan mempertimbangkan teknologi cerdas, tetapi teknologi terbaru biasanya ringkas dan ringan, mulai dari sistem entri IP hingga sakelar lampu hingga sistem manajemen energi, membuatnya mudah dipasang bahkan di tempat yang paling sulit dijangkau. Sensor nirkabel bersifat rahasia dan memiliki lapisan perekat yang dapat dengan mudah ditempelkan ke dinding, meja, atau langit-langit tanpa perlu memasang sekrup atau pemasangan eksternal. Dinding tebal, yang terkadang dapat mengaburkan sinyal wi-fi, dapat diatasi dengan penggunaan ‘repeater’ atau penguat sinyal, yang membantu memperluas jangkauan produk.
Ekosistem menyeluruh

Mengembangkan ekosistem holistik di mana semuanya terhubung dan dapat dioperasikan harus menjadi tujuan utama dalam membangun kota pintar sekarang dan di masa depan, mulai dari keselamatan dan keamanan hingga kenyamanan dan kontrol. Menghubungkan semua elemen bangunan pintar menjadi satu sistem yang mudah digunakan, yang pada akhirnya mendorong efisiensi energi dan mengurangi biaya pengoperasian, mulai dari pintu masuk hingga penerangan darurat hingga memanfaatkan kekuatan matahari melalui matahari dan mengintegrasikannya dengan solusi E-mobilitas , seperti pengisian EV.

Kombinasi tenaga surya, manajemen energi cerdas, dan pabrik kogenerasi yang sangat efisien telah terbukti menghasilkan energi yang cukup untuk memberi daya pada seluruh pabrik dan menghemat CO2 dalam jumlah besar di anak perusahaan ABB Busch-Jaeger di Lüdenscheid. Pabrik netral karbon menghasilkan 1.100 MWh di tahun pertamanya, yang merupakan daya netral iklim yang cukup untuk memenuhi 100% kebutuhan daya pabrik pada hari-hari cerah. Ini juga telah mengurangi emisi CO2e situs sekitar 680 ton per tahun.

Masa depan adalah sekarang

Dari rumah dan kantor hingga transportasi dan utilitas, 2021 adalah tahun dimana kota pintar akan mulai terbentuk. Kemajuan dalam IoT dan AI akan menyatukan bangunan pintar, jaringan listrik pintar, dan pengisian EV untuk membentuk ekosistem masyarakat pintar baru yang semakin terhubung dan efisien, membantu kita untuk hidup dengan nyaman dan aman, sekaligus melindungi planet kita untuk generasi mendatang.

Yang jelas, fokus kita tidak boleh terbatas pada kota pintar. Penting bagi kita untuk juga mempertimbangkan peran penting yang dimainkan oleh industri cerdas, infrastruktur regional, dan permukiman dalam membangun masyarakat saat ini dan masa depan. Menjaga kita agar tetap aman dan terlindungi adalah elemen utama dalam perjalanan kita untuk menciptakan kota pintar yang selaras dengan kebutuhan generasi saat ini dan masa depan.

Leave a Reply