Skip to main content

Beberapa hal yang kami lakukan untuk membuat orang tetap bersemangat bekerja di ruang co-working

Pandemi memberikan tantangan bagi masyarakat yang secara fundamental meningkatkan konstruksi sosial. Meskipun dampak dari pandemi dapat berlangsung lama dengan pembatasan jarak , lock-down , dan dampak ekonomi yang menjadi norma baru, kami memiliki cara untuk bertahan melewati masa-masa sulit ini.

Sejak kelonggaran lock down dari tahun lalu, banyak upaya telah dilakukan untuk memastikan proses kembali bekerja, termasuk juga membuka kembali kegiatan bisnis dan institusi sesuai dengan aturan pemerintah. Tetapi sekarang dengan gelombang kedua dari pandemi yang menghantam kita dengan keras, tampaknya bisa semakin sulit.

Sementara beberapa industri mencoba untuk beradaptasi dan berkembang dalam kemerosotan ekonomi akibat pandemi ini, tetap dibutuhkan akan adanya inovasi, fleksibilitas, dan ketangkasan dalam menjalankan operasional. Ini telah menjadi kenyataan bagi industri co-working secara khusus, karena suatu keterpaksaan untuk meninjau kembali kegiatan operasional, menawarkan rencana keanggotaan yang lebih fleksibel, dan memperkenalkan model bisnis baru. Sementara beradaptasi untuk mengakomodasi model hibrida dari tuntutan dunia usaha dan kerja serta de-densifikasi bisnis yang akan menguntungkan sektor ini dalam jangka panjang, bagaimana cara memastikan retensi pelanggan yang telah ada?

Keterlibatan komunitas selalu menjadi strategi yang mengarah pada retensi, tetapi menjadi tantangan ketika aturan pemerintah tidak menginzinkan berkumpulnya banyak orang. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu memastikan bahwa Anda mempertahankan komunitas yang dimiliki meskipun ada banyak rintangan:

Tingkatkan komunikasi dengan komunitas

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga jalur komunikasi yang konsisten dan terbuka dengan komunitas Anda setiap saat. Atasi kekuatiran mereka perihal keselamatan dengan mengomunikasikan tindakan pencegahan yang diterapkan oleh perusahaan Anda. Tanamkan rasa percaya diri di antara anggota Anda dengan menyediakan protokol keselamatan seperti pemeriksaan suhu rutin, pembersihan secara teratur dengan transparant, yang dibarengi dengan pembatasan jarak setiap workstation dan petunjuk rambu yang memandu pergerakan mereka di dalam ruangan.

Misalnya, menyiapkan gugus tugas yang dapat diakses 24×7, yang selalu diperbarui dengan informasi protokol pemerintah mengenai kesehatan dan memiliki akses ke bantuan medis pada saat darurat, menunjukkan bahwa Anda mendukung aspek keselamatan appun yang terjadi.

Mendesain ruang kerja yang lebih luas, termasuk lebih banyak pencahayaan alami, area hijau, dan ruang terbuka yang dapat membuat lingkungan kerja menjadi lebih nyaman sekaligus menjadi tempat yang secara desain menarik untuk bekerja.Ciptakan penawaran layanan yang menguntungkan kepada anggota dengan menawarkan fleksibilitas mengakses ruang kerja dan fasilitasnya sesuai rancangan strategi kerja mereka secara efektif.

Solusi yang tailor-made

Sebagai ruang kerja bersama, Anda harus memiliki keterampilan serta akses ke sumber daya yang dapat sangat bermanfaat dan penting pada saat anggota sendiri perlu fokus pada kelangsungan bisnis.

  1. Menyediakan platform untuk kolaborasi
    Mengetahui bahwa Anda tidak sendirian di masa-masa sulit ini dan memiliki komunitas yang menghadapi tantangan serupa dengan dapat membantu mengurangi stres dan kesepian. Anda dapat membuat platform virtual menggunakan perangkat lunak dan alat online yang tersedia untuk memungkinkan anggota memposting pertanyaan dan masalah mereka. Kuncinya di sini adalah menjaganya tetap aktif dan konsisten. Anda bisa memulai dengan memulai percakapan tertentu yang dapat membantu membangun momentum.
  1. Virtual marketplace bagi jasa layanan para anggota
    Dalam masa ketidakpastian bisnis, Anda dapat mendorong komunitas anggota Anda untuk membicarakan layanan mereka dan bertukar keahlian untuk memanfaatkan jaringan bisnis yang ada yang dihosting oleh ruang kerja bersama Anda.
  1. Kemitraan bisnis
    Merancang kemitraan yang selaras dengan kebutuhan bisnis anggota Anda akan membantu mereka mengakses sumber daya dan membangun bisnis mereka dengan lebih mudah. Misalnya, solusi paket untuk meluncurkan platform e-commerce agar bisnis anggota Anda online atau solusi pemasaran digital yang terjangkau adalah sesuatu yang akan membantu meringankan beban.
  1. Pemilihan program virtual yang cocok bagi anggota
    Ketika sebuah bisnis memilih untuk bekerja di luar coworking space, ia juga mencari sesuatu yang lebih dari sekedar ruang kantor. Sangat penting bagi dunia usaha untuk memastikan bahwa ini bukan hanya ruang kerja tetapi penyedia layanan co-working merupakan tim profesional yang dapat memastikan manfaat bagi komunitas dengan berbagai program antara lain
  • Penawaran program berlangganan online berbasis produktifitas atau pengembangan aplikasi.
  • Bagi yang memerlukan fitur untuk mengelola tim secara jarak jauh, dapat ditawarkan diskon khusus untuk berbagai aplikasi teleconference, produk home office dan lain sebagainya yang memberikan manfaat aktual bagi anggota.
  • Pemilihan webinar, workshop, berbagai kegiatan online yang menyenangkan, permainan, potluck yang dapat membawa kebersamaan di dalam komunitas. Yang mana di saat bersamaan, anggota juga bisa mendapatkan berbagai kegiatan temu wicara online dengan berbagai pakar industri yang dapat memberikan pandangan mengenai keberlansungan usaha

Keterlibatan yang lebih mendalam

Sangat penting untuk melibatkan pelanggan di dalam perencanaan yang anda buat, bicarakan mengenai strategi dan apa yang anda tawarkan apakah dapat memberikan manfaat dan membantu pelanggan anda melewat masa penuh ketidakpastian.

Misalnya, hubungi kepala HR masing-masing perusahaan dan pahami status bisnis dan karyawan dan lihat celah apa yang dapat Anda bantu, pahami dukungan lateral apa yang dapat diberikan tidak hanya untuk bisnis tetapi juga untuk setiap karyawan, Anda tidak pernah tahu bagaimana kebutuhan satu orang menjadi nilai tambah potensial bagi seluruh komunitas

Setelah tahun yang sulit, karyawan ingin menjadi bagian dari sesuatu dimana mereka berada. Periksa secara berkala kesejahteraan mereka, ingat hari-hari yang penting bagi mereka, dan secara proaktif merayakannya bersama mereka, cepat dalam menanggapi pertanyaan dan permintaan mereka. Sebagai cara percakapan halus atau melalui metode terstruktur, selalu cari umpan balik karena itu akan membantu Anda merancang pengalaman yang lebih baik yang selaras dengan kebutuhan mereka.

Leave a Reply